WHAT'S NEW?
Loading...

TOKOH KEBAIKAN SOSIAL DALAM CERPEN "KIAI ZAINAL" KARYA MUHAMMAD THOBRONI





Oleh Veronika - Lumbis Nunukan Kalimantan Utara

TOKOH KEBAIKAN DALAM CERPEN "KIAI ZAINAL" KARYA MUHAMMAD THOBRONI



Cerpen “Kiai Zainal” dalam buku cerpen Ustadz Misterius karya sastrawan Kalimantan Utara Muhammad Thobroni (2018) ini  ceritanya menarik di mana seorang Kiai Zainal ini mengajarkan tentang kebaikan kepada orang banyak. Dan di mana kebaikan-kebaikan sosial itu kita terapkan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan kita.

Dalam cerpen ini bertema “ Kiai Zainal’ menceritakan dimana seorang Kiai yang begitu sangat berpengaruh dan menjadi pengayom dalam kehidupan para jama’ah Kiai Zainal juga memberikan suntikan spitual kepada jama’ah majelis taklim yang sebagian adalah mahasiswa yang haus akan spiritual setelah mereka habis menekuri bangku kuliah dan laboratorium.

Tokoh dalam cerpen “Kiai Zainal” merupakan tokoh utama dalam cerpen tersebut karena orangnya begitu baik hati, dimana seorang yang bernama udin mejadi seorang pembaca buku yang baik hingga menulis cerpen dan beberapa puisi gara-gara mengikuti pengajian Kiai Zainal.

Latar tempat dalam cerpen Kiai Zainal di sebuah pesantren kecil disitulah Kiai Zainal hidup bahagia bersama kelurga dan santri-santrinya. Dirumah dan di Majelis. Latar suasana dalam cerpen Kiai Zainal menyenangkan dimana para jama’ah sangat atusias menghadiri pengajian jama’ah pengajian pun semakin banyak.

Cerpen Kiai Zainal ini menggunakan alur campuran dan Sudut pandang yang digunakan dalam cerita ini adalah sudut pandang orang ketiga,yakni dengan menyebut sebuah nama Kiai Zainal sehingga dapat memberikan kesan pada tokoh utamanya dan dapat memberikan kekuatan pada cerita tersebut.

Pesan moral dalam cerita cerpen Kiai Zainal mengajarkan kita tentang keagaman, kebaikan dan kesabaran dalam menunggu sesuatu hal.

Veronika,  penulis tinggal di Lumbis Mansalong Kalimantan Utara

#kaltaramembaca
#kaltaramenulis
#kaltarabersastra

0 comments:

Post a Comment