WHAT'S NEW?
Loading...

PERNAK-PERNIK BULAN BAHASA: NAMA TEMPAT



Huruf pertama nama tempat/geografi harus ditulis dengan huruf besar/kapital. Ini ketentuan baku, tidak ada kemungkinan lain. Kalau selama ini Anda sering salah menuliskan nama tempat/geografi dengan huruf awal huruf kecil, maka pada momen peringatan Bulan Bahasa pada Oktober 2018 ini, kesalahan itu diperbaiki. Lihatlah contoh penulisan nama tempat/geografi yang benar berikut ini.

Teman saya lahir di Ambon, Maluku, kuliah di Inggris, kini bekerja di Denpasar, Bali, sebagai pengusaha peralatan elektronik.

Nama tempat/geografi kalimat di atas adalah Ambon, Maluku, Inggris, Denpasar, dan Bali, huruf awal ditulis dengan huruf besar.

Sebaliknya, huruf pertama nama tempat/geografi yang dipakai sebagai "nama jenis," huruf pertamanya huruf kecil. Lihat penulisan yang benar nama "jenis pisang" dan nama "jenis gula" berikut ini.

(1) Adik saya membeli dua sisir pisang ambon di pasar Wolowona tadi pagi.
(2) Harga gula jawa di pasar hari ini meningkat.

Kata ambon dalam nama jenis "pisang ambon" ditulis dengan huruf kecil. Di samping jenis pisang ambon, ada juga jenis pisang yang lain, seperti pisang susu, pisang beranga, pisang kepok, pisang emas, dan lain-lain.

Demikian juga kata jawa dalam nama jenis "gula jawa" ditulis dengan huruf kecil. Di samping jenis "gula jawa" ada juga jenis gula yang lain, seperti gula tebu, gula pasir, gula aren, gula sabu, dan lain-lain.

Marilah kita menjunjung tinggi bahasa resmi negara kita dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Y

0 comments:

Post a Comment