WHAT'S NEW?
Loading...

PEGIAT LITERASI PERBATASAN IKUT FLI DAN PERINGATAN HARI AKSARA 2018 DI DELI SERDANG


Pegiat literasi dan pemilik Taman Bacaan Masyarakat (TBM)  BAKAU di Kalimantan Utara,  Urotul Aliyah,  mengikuti Festival Literasi Indonesia (FLI)  dan perayaan Hari Kasara Internasional 2018 di Deli Serdang,  Sumatera Utara (6-9/9/2018). Acara tersebut digelar oleh Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia.
Menurut Urotul Aliyah,  sebagaimana disampaikan panitia, dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional, sebagaimana yang ditetapkan oleh UNSECO, yang jatuh pada 8 September 2018, Kemendikbud RI bersama Forum TBM dan berbagai unsur lainnya menyelenggarakan Festival Literasi Indonesia 2018 bertempat di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (6-9 September 2018). "Adapun tema yang diusung adalah "Mengembangkan Keterampilan Literasi yang Berbudaya". Gelaran ini menjadi pengingat agar kerja-kerja literasi kita tidak berhenti. Kerja-kerja tak kenal lelah itu harus menjadi jawaban atas rendahnya minat baca di kalangan masyarakat Indonesia," ujarnya memyampaikan edaran panitia pelaksana. 
Sehubungan dengan hal tersebut, perempuan yang juga dosen Bimbingan Konseling di Universitas Borneo Tarakan (UBT)  itu menyampaikan bahwa keberangkatannya ikut serta bertujuan untuk menimba pengalaman dari daerah lain tentang pengembangan literasi di tempat mereka. "Kita perlu belajar banyak ke daerah lain yang telah lama dan berpengalaman mengembangkan literasi sebagai bahan penguatan gerakan literasi di perbatasan dan pedalaman.  Sebagaimana kita ketahui, kawasan perbatasan dan pedalaman Kalimantan Utara merupakan daerah yang kompleks seperti medan alam dan sosial budaya sehingga membutuhkan strategi tertentu untuk penguatan, " tambahnya.


Aliyah berangkat ke Festival Literasi Indonesia bersama Penjabat Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM)  Kalimantan Utara Muhammad Thobroni, yang juga pembina komunitas literasi Komunitas Jendele Nusantara (KJN).   "Kita harus mendukung kesuksesan acara Festival Literasi sebab untuk memperluas gerakan literasi. Sebagaimana disampaikan panitia pusat,  mari kita gaungkan dan gemakan Gerakan Literasi Masyarakat melaui Gerakan Taman Bacaan Masyarakat dengan kegiatan mengunggah video atau foto aktivitas di TBM masing-masing ke media sosial TBM anda dan ke media sosial Forum TBM Wilayah dan Daerah atau media masing-masing TBM, mengunggah foto buku yang Anda baca, relawan atau pengungjung TBM saat ini ke akun pribadi Dan media sosial TBM, Forum TBM, "jelas Thobroni yang juga Ketua Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (Hiski)  Kalimantan Utara. 
Ditambagkan Thobroni,  jangan lupa melengkapi unggahan foto dan video dengan tagar #tamanbacaanmasyarakat #gerakanliterasimasyarakat
#tbm
#forumtbm
#festivalliterasiID
#GLN
#salamliterasi

Acara FLI sendiri dilaksanakan di Hotel Tong'S In Deli Serdang. Selain talkshow, panitia juga menggelar pameran literasi. 

(ambau)

0 comments:

Post a Comment