WHAT'S NEW?
Loading...

MEMBEDAH NOVEL SETELAH HUJAN TURUN






Membedah Novel Setelah Hujan Reda

Judul Novel : Setelah Hujan Reda
Penulis : Boy Candra
Penerbit         : Mediakita
Tahun Terbit : Cetakan Pertama 2014
Tebal Halaman : 196 halaman
ISBN : 979-794-472-7

      Novel ini menceritakan tentang kisah soal percintaan yang sangat menyedihkan, banyak yang beranggapan bahwa kisah cinta yang menyedihkan sangat membosankan dan endingnya dapat di tebak, tetapi di novel ini Boy Candra menulis cerita yang akan membawa kita hanyut di dalam cerita tersebut selain itu cerita ini juga menguras emosi dan air mata bagi para pembaca. Di dalam novel ini bukan hanya satu cerita tetapi berbagai kisah cerita cinta sudah di tuliskan oleh boy chandra untuk para peminat pembaca novel.  Pada awal cerita pembaca akan disambut oleh kisah cinta Aris dan Lara, dimana mereka mempunyai masa lalu yang sangat kelam, mereka berdua    sama-sama ditinggalkan oleh orang yang mereka cintai untuk selama-lamanya hingga pada suatu hari mereka berdua bertemu dari pertemuan tersebut mereka menjadi dekat dan mereka dapat melupakan masa lalunya tersebut. Dari kisah ini mengajarkan kita untuk tidak terus larut dalam kesedihan mulailah bangkit untuk masa depan kelak.

 Selain itu kisah cinta yang di tinggalkan dengan cara kematian ada pula kisah cinta Nawa dan nila yang mana pada kisah ini hubungan mereka terbentur oleh peraturan adat istiadat di desanya selain pada peraturan juga kepada restu orang tua, pada suatu hari Nawa meminta izin kepada nila untuk pergi merantau ke tempat lain dan berjanji akan kembali untuk Nila, setiap hari Nila menunggu Nawa hingga kulitnya mengendur, matanya kabur dan rambutnya memutih Nawa belum juga datang menemuinya. Kisah ini mengajarkan untuk selalu patuh pada orang tua, sesuatu yang orang tua larang mungkin adalah sesuatu yang terbaik untuk kita dan apapun keinginan orang tua harus kita patuhi.

 Selain itu ada juga  kisah cinta Deantara, Natin dan Maya, dimana pada kisah ini bermula dari Maya. Maya adalah sahabat Natin, Maya memperkenalkan Deantara kepada Natin hingga akhirnya mereka menjadi sepasang kekasih. Selama 9 tahun mereka menjalin hubungan hingga pada suatu hari Natin pergi meninggalkan Deantara dan menikah dengan laki-laki pilihan orang tuanya dan  Deantara akhirnya dapat menyelesaikan kuliahnya dan dia kini mempunyai galeri tersendiri. Namun kebahagiaan Deantara tidak lengkap tanpa adanya Natin. Deantara terus berkeluh kesah kepada Maya yang merupakan sahabat Natin, Maya tau pasti apa yang dirasakan Deantara, karena dia juga pernah merasakan itu semua, ketika dia harus merelakan Deantara bersama Natin. Kisah cinta kali ini adalah kisah cinta favorit, bagaimana pada kisah cinta ini mengajarkan saya untuk melepaskan seseorang yang dicintai dengan ikhlas demi kebahagiaan sahabat kita sendiri. Tetapi novel ini banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil salah satunya iyalah kisah cinta diatas.
selanjutnya ada juga kisah anak kampung yang ingin menjadi penyanyi dan suka bermain musik yang bernama Bian, namun Ibunya tidak mau anaknya menjadi penyanyi  meskipun ibunya adalah seorang penyanyi.  Bian tak pernah mengeluh, baginya tak ada yang perlu disesali pada keadaan, meskipun Bian pernah merasa Tuhan tak adil kenapa ia terlahir dari keluarga yang sangat berbeda dari teman-temannya. Namun, semua itu selalu ia tepiskan berusaha menenangkan hatinya. kisah cinta lain tentang hidup adalah pilihan tetapi itu hanya omong kosong bahkan tak bisa memilih untuk hidup dengan orang yang kita cintai, lelaki yang sangat jauh dari standar yang aku miliki lelaki yang sama sekali tak pernah terbayangkan untuk hidup bersamaku namanya ialah Hendri Saputra.
selanjutnya ada juga kisah percintaan tentang lelaki yang bisa juga menangis yang bernama Arsyad, Airin yang mampu membuat Arsyad jatuh cinta padanya. Kisah ini menceritakan tentang dua insan yang baru bertemu setelah lama berpisah, pertemuan ini yang membuat Arsyad menagis. Namun ada juga kisah cinta yang menceritakan tentang lelaki yang sangat baik yang menjadi pacarnya meski ia sangat egois namun aku adalah wanita yang  beruntung sepanjang masa. Tetapi ada juga kisah cinta yang menceritakan sakit hati dan merasa hatinya hancur sebagian jiwanya terasa remuk saat mengetahui orang yang ia cintai sepenuh hati, ternyata tega menduakan hatinya dan ia pun memilih melepaskan kekasihnya. Namun Mentari memberikan kesempatan kepada Arshan dan akhirnya hati Mentari luluh atas pinta Arshan.
Ada juga kisah cinta yang romantis Lika dan Alan, tetapi dibalik cinta romantisnya ada teman Lika yang bernama Arsy  menyuruhnya berpaling dari Alan namun dari Alan,  Lika “mengerti bahwa banyak hal yang bisa kamu tuliskan pada orang lain tapi hanya satu hal yang bisa tertulis dihatimu, seseorang yang  akan menemanimu seumur hidupmu”.  Kedua insan cinta ini terpisah oleh jarak karena Lika harus melanjutkan sekolahnya. Beberapa kisah cinta yang tidak bisa saya tuliskan karena waktu yang tidak cukup.

      Novel ini menarik karena adanya pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah ini  contohnya : Pertama, pada kisah cinta Deantara, Natin, dan Maya mengajarkan saya untuk melepaskan seseorang yang dicintai dengan ikhlas demi kebahagiaan sahabat kita sendiri.  Kedua, pada kisah seorang anak kampung yang tak pernah menyerah akan cita-citanya menjadi seorang penyanyi. Ketiga, pada kisah Alan, Lika, dan arsy. dimana, Arsy menyuruh Lika mencari lelaki yang lebih baik, lebih berpangkat, lebih kaya dari Alan. Tetapi Lika tetap memilih Alan karena ada satu hal yang selalu Lika ingat pada Alan.

     Beberapa tokoh-tokoh yang ada didalam novel yaitu: Aris, dengan watak yang baik, perhatian, dan selalu perduli dengan keadaan sekitar. Lara, dengan watak yang keras kepala, baik, dan ramah. Nila, dengan watak yang anggun, terlalu lama larut dalam kesedihan, dan penyendiri. Nawa, dengan watak yang sangat tangguh dan pekerja keras. Alan, dengan watak yang penyabar sedangkan Lika wataknya yang sangat baik.

     Novel ini menggunakan alur cerita antara lain: alur maju, alur mundur,  dan alur maju-mundur. dimana disetiap kisah-kisah didalam novel pasti ada alur. tetapi didalam novel ini kebanyakan menggunakan alur maju-mundur.

     Kelebihan novel ini, kita bisa menemukan contoh-contoh sifat disetiap karakter tersebut, namun yang paling menuju keunggulan novel ini sangat banyak salah satunya iyalah kita bisa belajar masalah percintaan kita melalui novel tersebut. kita juga bisa mengambil pelajaran-pelajaran yang ada didalam novel yaitu kisah seorang anak kampung yang bercita-cita menjadi penyanyi akhirnya jadi penyanyi yang handal itu berkat ia bekerja kerasa atas kemampuan nya. Namun, selain kisah itu ada juga kisah yang menginspirasi kita yaitu kisah 3 insan yang mana salah satunya rela mempertaruhkan perasaannya demi seorang sahabat.
     Selain kelebihan novel tersebut, adapula kelemahannya salah satunya yaitu tanda baca nya ada yang tidak sesuai, ada juga huruf depan nama tokohnya tidak menggunakan huruf kapital.

YULINDA, MALINAU, KALIMANTAN UTARA

0 comments:

Post a Comment