WHAT'S NEW?
Loading...

MEMBACA NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HERATA



Judul Novel   :  Laskar Pelangi
Penulis          :  Andrea Hirata
Penerbit         :  Bentang Pustaka
Tahun terbit   :   2007
Kota Tempat Terbit : Jl. Pandega Padma 19, Yogyakarta
Bahasa         : Indonesia
Genre           : Roman
ISBN             : 979-3062-79-7
Tebal buku    : 534 halaman
Ukuran buku :  - Panjang 20,5 cm
                      - Lebar 12,8 cm


     Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata ini mengisahkan kehidupan masyarakat pedalaman di belitong yang  memiliki kekayaan alam terbesar di dunia,  tetapi masyarakatnya tidak mampu memenuhi kebutuhanya sehari-hari, hal ini cukup memprihatinkan.Novel ini juga menceritakan tentang perjuangan anak-anak kampung belitong untuk mengubah nasib mereka melalui sekolah dan perjuangan dua orang guru yang memiliki dedikasi tinggi dalam dunia pendidikan. Dengan segala keterbatasan yang mereka miliki, mereka menjalani aktivitas disekolah tua mereka yaitu sekolah Muhammadiyah yang hampir rubuh dan serba minim fasilitasnya. Meskipun begitu, mereka tetap semangat dalam menjalani kewajiban sebagai seorang pelajar. Mereka adalah Mahar, Ikal, Lintang, Syahdan, A Kiong, Harun, Trapani, Bonek, Kucai dan satu-satunya anak perempuan yaitu Sahara.
    Ikal adalah tokoh utama,ia murid yang pandai .Taprani adalah sesosok anak yang tampan,rapi,lumayan pintar,santun,dan berbakti kepada kedua orang tua, tetapi ia anak yang manja. Lintang , anak yang memiliki kecerdasan yang luar biasa, ia adalah teman baik Ikal.Harun ia adalah anak yang memiliki masalah keterbelakngan mental,sifatnya yang santun,pendiam, ia memiliki hobi yang unik yaitu mengunyah permen asam .Sahara ia satu-satunya murid perempuan ,ia berhijab, pintar, dan setia kawan. A Kiong ia adalah murid keturunan tionghoa, ia selalu menjadi pendukung setia Mahar karena sifatnya yang begitu polos.Kucai ia banyak bicara,susah diatur,dan sangat aktif.Syahdan anak seorang nelayan yang memiliki tubuh kecil, namun selalu ceria,pekerja keras, dan tidak mudah putus asa.Borek ia selalu menjaga citranya sebagai laki-laki yang macho. Ibu Muslimah,ia  seorang guru yang sabar dalam mendidik mereka.ia adalah sosok wanita yang mempunyai tekad kuat. Padahal ia hanyalah seorang lulusan pendidikan tingkat SMP, namun karna dengan tekadnya yang begitu kuat ia bisa menjadikan dirinya sebagai guru yang tegar, dan memiliki dedikasi yang tinggi akan pendidikan.Pak Harfan, orang yag sangat baik hati dan penyabar meski murid-murid awalnya takut melihatnya. A Ling adalah perempuan yang cantik, hingga ia mampu membuat Ikal jatuh hati padanya, ia adalah Cinta pertama Ikal yang merupakan saudara sepupu A Kiong teman Ikal.
     Pemerintah telah memberikan sebuah peringatan kepada SD Muhammadiyah, peringatan tersebut berisikan apabila sekolah itu tidak bisa menampung minimal 10 siswa, maka dengan sangat terpaksa sekolah tersebut harus ditutup. Tetapi ketika dihari penerimaan siswa itu , telah terkumpul 9 siswa, namun pemerintah  memberikan persyaratan agar sekolah tetap berdiri dan tidak akan ditutup yaitu sekolah harus bisa menerima minimal 10 murid. Disaat-saat yang genting, ketika Pak Harvan dengan berat hati hendak berpidato dan memberitahu kepada wali murid yang telah datang untuk berlapang dada, karena sekolah muhammadiyah yang tua ini harus ditutup karena tidak memenuhi kuota siswa yaitu minimal sepuluh orang. Tetapi tiba-tiba datanglah Harun, seorang anak yang memiliki masalah keterbelakangan mental yang berkeinginan kuat untuk bersekolah. Dan akhirnya siswa pun berjumlah menjadi 10 murid, dan sekolah itu tidak jadi ditutup. Peristiwa tersebut berlangsung sangat dramatis.Dalam aktivitas belajarnya, mereka didampingi oleh seorang guru yang begitu sabar dalam mendidik mereka, Beliau  adalah ibu guru Muslimah.Ibu Muslimah hanyalah seorang wanita yang hanya Lulusan SMP. Namun, dengan tekadnya yang luar biasa serta ketulusannya mengajar, lambat laun membuatnya menjadi wanita yang tegar dan berdedikasi dalam profesinya sebagai pengajar. Dalam novel ini, Bu Muslimah lah yang memberi julukan 10 anak itu sebagai laskar pelangi. Anak-anak juga dididik oleh bapak Harvan Efendi Noor atau yang akrab di sapa pak Harvan. Selain mengajar, beliau juga sebagai kepala sekolah di SD Muhammadiyah. Pak Harvan seringkali bercerita tentang kisah-kisah para nabi dan rasul, sebagai contoh pelajaran dari umat-umat terdahulu.
   Kejadian yang dialami oleh Mahar yang menemukan semacam karnaval, yaitu menari. Mereka Laskar pelangi menari dengan begitu lincah seperti orang kesetanan, hal itu dikarenakan kalung yang mereka pakai dari buah yang Langka yang hanya ada di desa Belitong .namun semua itu tidak sia-sia , SD Muhammadiyah memenangkan perlombaan itu. hari-hari mereka selalu di hiasi dengan canda dan tawa,suka maupun duka.Namun, dibalik semua itu ada seorang murid yang perjuanganya perlu di acungi jempol. Ia rela menempuh jarak 80 km untuk pulang dan pergi dari rumah kesekolah hanya untuk belajar. Ia tak pernah kenal lelah walaupun harus melewati banyak rintangan.
     Namun sayang, semua kisah indah Laskar Pelangi harus diakhiri dengan perpisahan seorang Lintang yang sangat cerdas dan jenius itu. Lintang dan kawan-kawan akan membuktikan bahwa bukan karena fasilitas yang menunjang yang akhirnya membeuat seseorang bisa sukses maupun pintar, namun kemauan, kerja keras dan semangat juang lah yang dapat mewujudkan semua impian . beberapa hari kemudian, Lintang tidak masuk sekolah , kawan-kawan lintang dan jga Bu Mus mendapatkan surat dari Lintang yang isinya bahwa , Lintang sedang berduka cita, ayahnya meninggal dunia ,sehingga ia tidak bisa melanjutkan sekolahnya lagi.hal ini menjadikan kesedihan yang amat dalam bagi anggota Laskar Pelangi.
   Beberapa tahun kemudian, setelah mereka sudah meranjak dewasa, mereka semua ingat akan pengalaman yang mereka dapatkan dari SD Muhammadiyah ,tempat mereka sekolah dulu yang penuh dengan kenangan, tentang persahabtan,dan ketulusan yang diajarkan seorang guru Bu Mus, serta sebuah mimpi yang harus mereka wujudkan, Ikal akhirnya melanjutkan sekolahnya di paris, sedangkan Mahar dan kawan-kawan membanggakan Belitong yang begitu indah.
Inilah cerita yang mengharukan tentang dunia pendidikan dengan tokoh-tokoh manusia yang sederhana, jujur, tulus, gigih, ulet, sabar, bertakwa, yang dituturkan secara indah .Cerita Laskar pelangi ini sangat inspiratif. Andrea Hirata menulis sebuah Novel yang akan mengobarkan semangat mereka yang selalu dirundung kesulitan dalam menempuh pendidikan.
Gaya bahasa yang mengasyikkan , dan menantang untuk dibaca.
Hal yang menarik dari novel ini adalah sebuah kisah tentang anak-anak yang luar biasa, yang memiliki semangat juang yang tinggi yang mampu melahirkan semangat dan kreativitas yang mencengangkan.
Kelebihan dari buku ini adalah dari cara penyampaian bahasa tulis dari Andrea Hirata yang begitu khas dan menarik yaitu tentang kisah persahabatan serta ketabahan dalam menghadapi segala tantangan hidup. Selain itu, kritik sosial terhadap pemerintah juga sangat jelas digambarkan oleh penulis dengan adanya ketidakmerataan pembangunan di daerah-daerah terpencil yang hanya di pandang sebelah mata oleh pemerintah pusat, Dan novel karya Andrea Hirata ini di adaptasi dari pengalaman masa kecil penulis yang berarti kisah atau cerita didalamnya merupakan fakta yang nyata,sehingga membuat pembaca merasa terinspirasi dan tidak merasa bosan.
 Adapun Kekurangan dari novel ini yaitu terdapat banyak kata-kata yang sulit untuk dipahami atau dimengerti, karena menggunakan kata-kata daerah yang belum diketahui artinya. terletak pada pengaburan waktu, tempat, dan nama tokoh dalam novel tersebut. Dan Waktu dalam novel tersebut sengaja dibuat kabur dan terkesan abu-abu sehingga masalah-masalah sosial pada saat itu terasa agak kabur dan kurang jelas.
Dari novel Laskar Pelangi ini tentunya dapat kita ambil yaitu tentang ketabahan dalam menjalani hidup, pentingnya pendidikan, serta bersyukur kepada Allah SWT.

Diana , Bulungan, Kalimantan Utara

0 comments:

Post a Comment