WHAT'S NEW?
Loading...

KISAH SEORANG ANAK PESANTREN DALAM NOVEL MISTERI GADIS KALIGRAFJ




Judul                : Misteri Gadis Kaligrafi
Penulis            : Fathurrahman Karyadi
Penerbit          : Matapena
Tahun terbit    : 2012
Tebal Buku     : 268 halaman
ISBN                : 979-1283-10-9

         Novel ini menceritakan kisah seorang anak Pesantren Madrasatul Qur’an di Jombang yang bernama Hasyim Mustofa bersama Ikrom yang mengikuti lomba kaligrafi diMojokerto pasca Ujian Nasional, sampai bertemu dengan Ana alias Ma’atul Jannah si gadis kaligrafi misterius yang memenangi lomba. Selain mengisahkan tentang pertemuan kaeduanya novel ini juga menceritakkan kisah sehari-harinya dipondok pesantren bersama kawan-kawannya.
       Berawal dari liburan 7 hari pasca ujian nasional Tofa bersama 6 sahabat yang lain yaitu Fadil, Bombom, Muiz, Zigonk, dan Midun yang memilih liburan dipondok dengan alasan alasan tertentu. Namun dalam waktu 7 hari tofa telah merencanakan berbagai macam kegiatan di liburannya kali ini. Akan tetapi beberapa agenda tofa daalam rencana liburannya kali ini harus dikorbankan untuk kegiatan perlombaan ini . Beberapa hari kemudian Tofa mengikuti lomba kaligrafi sebagai perwakilan pondok bersama Ikrom dengan ditemani oleh Cak Sun, dalam kegitan lomba ini Tofa tanpa sengaja bertemu dengan seorang wanita peserta lomba yang membuatnya terkesima terhadap wanita yang memenangi lomba tersebut.
        Perjumpaan dengan Ana tidak berhenti di situ saja, melainkan berlanjut meski hanya melalui SMS yang terputus-putus. Hingga suatu ketika komunikasi keduanya terputus bersebab peraturan pondok pesantren di tempat Ana tidak membolehkan santri membawa HP. Pada waktu yang lain, Tofa bertemu dengan seorang profesor dalam sebuah acara ilmiah. Tofa berhasil merajut kedekatan dengan profesor itu bahkan hingga bisa mengunjungi rumah beliau. Hal aneh terjadi ketika kemudian sedikit kisah pribadi dari Profesor itu sampai di telinga Tofa. Seperti ada sebuah tanda tanya besar di benak Tofa, ada hubungan apa antara si Profesor itu dengan Ana? Hari ke hari Tofa terus-menerus menelusuri rasa kepenasarannya itu. Misteri itu terkuak di akhir cerita melalui kejadian dramatis sekaligus tragis. Tofa dan Ana bertemu di rumah sakit dengan cerita masing-masing.
         Novel Misteri Gadis Kaligrafi karya Fathurrahman Karyadi merupakan novel dengan alur dengan misteri yang menegangkan tentang siapa si gadis kaligrafi, dan juga tokoh yang cukup banyak yang membuat novel ini terlihat menarik sehingga pembaca cukup terkesan, terdapat pula beberapa ayat suci Al-Qur’an dan kalimat- kaliamt islami. Selain itu novel ini membawa pembaca jadi tahu bagaimana kehidupan yang tinggal dipesantren. Selain kelebihan novel ini juga mempunyai kekurangan seperti bahasa yang berbelit-belit yang membuat pembaca terkadang hilang fokus, selain itu tidak terdapat satupun gambar selain gambar pada cover.

Hasmi, Tarakan Kalimantan Utara

0 comments:

Post a Comment