KETUA TBM SELURUH INDONESIA: PERLU KOLABORASI DAN GERAKAN KREATIF DALAM LITERASI DI INDONESIA



Gerakan literasi di Indonesia perlu dikemas dalam gerakan kreatif dan disertai kolaborasi pemerintah, sekolah, masyarakat dan pegiat literasi. Hal itu disampaikan oleh Dr.  Firman, Ketua Umum PP Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) sebagai salah satu poin rekomendasi dalam temu pegiat literasi yang terwadahi dalam FTBM seluruh Indonesia.  Terdapat 8 butir rekomendasi disampaikan di hadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Puncak Acara Hari Aksara Internasional dan Festival Literasi Indonesia di Deli Serdang Sumatera Utara (8/9).
Berikut rekomendasi selengkapnya.

8 Bulir Rekomendasi Literasi
Dari Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) dan Penggiat Literasi
di Hari Aksara Internasional dan Festival Literasi Indonesia 2018
Deli Serdang, 8 September 2018

1. Menyesuaikan istilah “International Literacy Day” yang digagas UNESCO diperingati setiap tanggal 8 September dari “Hari Aksara Internasional” menjadi “Hari Literasi Internasional”.
2. Mempertahankan dan terus meningkatkan program-program literasi yang sudah dilakukan oleh Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas bersama Forum TBM: Gerakan Indonesia Membaca, Kampung Literasi, Residensi Bagi Pengelola TBM dan penggiat literasi.
3. Memperbanyak lokasi dan jumlah peserta residensi bagi pengelola TBM dan penggiat literasi sebagai upaya peningkatan kapasitas dan saling berbagi inspirasi di antara sesama pengelola TBM dan penggiat literasi.
4. Menerbitkan regulasi terkait TBM sebagai payung hukum untuk meningkatkan perkembangan gerakan literasi di tanah air.
5. Mewajibkan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di setiap provinsi untuk menyelenggarakan kegiatan Festival Literasi di daerah bersama Forum TBM dan penggiat literasi, minimal satu tahun satu kegiatan.
6. Memberikan penghargaan untuk kepala desa/kabupaten yang memiliki keberpihakan pada perkembangan gerakan literasi di daerahnya masing-masing.
7. Mendorong lahirnya inovasi dan kreativitas pengembangan gerakan literasi di setiap daerah melalui program kompetisi inovasi dan kreasi literasi.
8. Mendorong terjadinya sinergi dan kolaborasi antara Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Literasi Keluarga dan Gerakan Literasi Masyarakat.


Salam Literasi
Firman Hadiansyah
Ketua Umum Forum TBM

Comments