REALITAS KEAGAMAAN DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK USTADZ MISTERIUS KARYA MUHAMMAD THOBRONI



Judul: Ustadz Misterius
Tahun: 2018
Penerbit: Agung Mulia, C.V.
Pengarang: Muhammad Thobroni


Kiprah Muhammad Thobroni dalam jagad kepengarangan dan kepenulisan Indonesia telah dikenal sejak lama. Thobroni dikenal sebagai penulis buku populer keagamaan dan motivasi. Beberapa artikelnya juga ditemukan di surat kabar harian.
Pandangannya tentang persoalan sosial, khususnya sosial keagamaan tampaknya unik. Penulis buku kumpulan puisi berjudul Sei Kayan (Agung Mulia, 2017) tersebut kembali mengeluarkan buku. Kali ini buku kumpulan cerita pendek (cerpen) berjudul Ustadz Misterius, yang juga judul salah satu cerpen di dalamnya.
Membaca buku kumpulan cerpen Muhammad Thobroni ini seperti membaca beragam persoalan keagamaan di Indonesia, yang dibaca secara unik oleh pengarangnya. Mulai dari kehidupan keagamaan di kampung, kampus dan pesantren. Pada beberapa cerpennya, persoalan tersebut berkelindan dengan persoalan cinta asmara, perjuangan hidup, kritik anti korupsi, juga anti ekstrimisme dalam beragama.
Cerpen Muhammad Thobroni diikat falam sebuah koridor tematik, yakni persoalan keagamaan yang meresahkan. Sehingga, kehadiran buku cerpen ini seperti menangkap realitas atau bahkan memberikan umpan balik berupa kritik bagi praktik keagamaan di sekitar kita.

MASRUKIN, ALUMNUS PP MODERN ASSALAM SURAKARTA

Comments