WHAT'S NEW?
Loading...

SYUKUR DAN SABAR: PUISI AHMAD M. SEWANG, MAKASSAR



Syukur dan sabar dua konsep dalam Islam sering disejajarkan. Orang yang bersabar pastilah bisa bersyukur. Orang yang tahu bersyukur sekaligus pasti sabar.

Dalam sebuah kisah di negeri seribu satu malam, seorang musafir terdampar pada sebuah perumahan di padang pasir dekat Sungai Tigris. Salah satu rumah di komplek itu, dihuni dua orang suami isteri yang peranginya sangat kontras. Isterinya, seorang masih muda, cantik mempesona, lebih dari itu sifatnya yang begitu ramah, peranginya baik, dan bagi siapa pun yang pernah berkomunikasi dengannya akan terpesona. Sebaliknya, suaminya seorang tua dengan perawakan kasar dan tempramental. Sifat amarahnya tidak mengenal tempat dan waktu. Kapan saja dia bisa melampiaskan amarahnya kepada isterinya, sekalipun sedang ada tamu. Sehingga, sang musafir tadi menjadi terheran-heran melihat mereka suami isteri.

Pada satu kesempatan, sang musafir merasa prihatin dan bertanya kepada si perempuan cantik itu, “Hai perempuan muda, kenapa kamu tahan bersama dengan suami tua tak tahu diri itu yang amarahnya tak mengenal waktu? Bukankah kamu masih muda dan memiliki kesempatan banyak untuk mendapatkan lelaki yang lebih fresh yang peranginya jauh lebih menyenangkan?" kata sang musafir. Si perempuan muda itu menjawab, “Hendaknya tuan berhati-hati jika bicara. Bukankah Tuhan banyak menyuruh untuk bersyukur dan bersabar? Saya bersyukur atas karunia-Nya padaku berupa performa masih muda dan walafiat. Saya pun bersabar menghadapi suamiku yang terkadang sifat kasarnya tak terduga," jawab wanita muda itu yakin.

The end of story, sejalan perjalanan waktu, berkat kesyukuran dan kesabaran wanita muda yang baik hati itu, ternyata terjadi keajaiban dalam rumah tangga mereka, perangi suaminya berubah 180 derajat menjadi seorang suami yang penyayang. Ia pun mohon maaf pada isterinya dan berjanji akan membuang perilaku kasarnya ke Sungai Tigris yang sedang mengalir deras di dekat rumahnya.

Makassar, 18 Februari 2018


(ilustrasi belajar mudah/ yuk ke bagian bawah blog dan klik iklannya untuk informasi berharga dan mencerahkan)

0 comments:

Post a Comment