GENERASI 90'AN DAN KLAIM GENERASI TERBAIK



Generasi ‘90an memang beda dibanding generasi sebelum dan sesudahnya. Karena generasi ini tumbuh bersama perubahan teknologi dan perubahan cara komunikasi yang signifikan. Dari zaman surat menyurat, telepon, sampe internet. Makanya, kualitas mental juga beda. Generasi ‘90an pernah ngerasain mainin permainan tradisional, seperti dakon, adu kartu, dan beberapa permainan imajinatif lain, sampai akhirnya juga bisa menikmati permainan digital yang disediakan oleh gadget. Sehingga, pengalaman generasi ini tentang kesenangan masa kecil, lebih luas juga. Selain permainan, generasi ‘90an memang lebih terolah imajinasinya layaknya generasi X, karena pernah mengalami denger sandiwara radio, dan banyak baca novel. Generasi sekarang, lebih banyak sajian hiburan visual, bukan imajinatif lagi. Walaupun sebagian juga  suka baca sih. Tp nggak sebanyak dulu.
Generasi ‘90an juga sudah pernah menghadapi pengalaman di mana teknologi tak sepraktis sekarang. Generasi ini pernah punya effort yang luar biasa untuk sekedar belajar. Pernah ngalamin harus nanya orang karena nyasar, belum ada GPS. Pernah ngalamin nyalin catatan manual karena belum ada printer. Sampai akhirnya generasi ‘90an bisa ngerasain praktisnya teknologi. Tapi tetep beda sama Gen X loh ya. Gen X baru ngerasain praktisnya teknologi saat usia sudah cukup tua, dimana biasanya kapasitas dan waktu untuk belajar hal baru, sudah lebih  terbatas. Jadi, beda pengalamannya. Itu yang bikin generasi ‘90an merasa beda dibanding generasi lain. Tapi.... menurut gue, setiap generasi memang beda pengalaman & mentalnya. Gak ada yg paling baik antara 1 & lainnya. Karena baik/gak itu relatif. Semua tergantung dengan relevansi zaman. Bisa ga mereka beradaptasi? Gen X akan cenderung bilang Gen Y gak setangguh mereka, Gen Y akan cenderung mikir Gen Z adalah generasi serba instant, dan seterusnya Lha kalo ditarik lagi, orang-orang di era kerajaan juga akan bilang generasi sesudahnya gak ada effort. Mereka nulis aja di batu kali, kita? Di keyboard doang. No effort. Intinya tiap generasi akan merasa eranya yang terbaik, krn mereka gak bisa bandingin antara era mereka dengan era sebelum dan sesudahnya. Karena perkembangan teknologi, pola pikir, dan mentalnya sudah gak relevan lagi. So, stop comparing. Let’s just adapt, that we wouldn’t be alienated. Gak mungkin kan, hari gini biar dibilang ada effort, PDKT ama cewek, nulis surat pake tulisan tangan, kirim pake Post, isi suratnya cuma, “Hai.. udah makan belum?”
.
Yang ada sebulan kmudian baru dibales, “udah makan, udah nikah, dan udah punya anak”. 😪
Intinya adalah, sudah.. sudah.. biarkan setiap generasi menikmati hidupnya. Namanya manusia, wajar berevolusi. Orang  zaman prasejarah juga gak maksa kita buat motong pohon pake kapak batu, kok. Gak perlu compare, tp boleh peduli. Peduli itu mengingatkan, bukan memaksakan. 👍🏻 terinspirasi dari materi generasi milineal dalam diskusi acara ulang tahun komunitas jendela nusantara (KJN). 

EGHA SURYA PERDANA,  penulis muda tarakan

Comments