LITERASI, HOAX DAN UJARAN KEBENCIAN



Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis.

Sebuah study yang dilakukan oleh John W. Miller, president of Central Connecticut State University di New Britain, terhadap 61 negara di tahun 2016 menempatkan Indonesia 60 sebagai negara dengan literasi sangat buruk, hanya menempati rangking 60 dari 61 negara.

Disisi lain, Indonesia menempati rangking ke 5 pengguna Internet dunia (132-an juta pengguna), sisi lainnya Indonesia menempati peringkat ke-3 pengguna facebook terbesar di dunia (70-an juta), sisi lainnya lagi Indonesia menempati peringkat ke-5 pengguna aktif twitter di dunia (60-an juta). Wow bukan!

+++

Apa dampaknya?

Penetrasi internet yang sangat cepat dengan pengguna internet yang sangat aktif berkolaborasi dengan literasi yang buruk akan menghasilkan generasi netizen yang melek jari tapi buta wawasan!

Generasi yang suka sharing tanpa saring, generasi yang senang pencet duluan mikir kemudian, generasi yang jempolnya lebih cepat dari otaknya, generasi yang tidak punya waktu luang untuk inovasi tapi selalu meluangkan waktu untuk mencari kekurangan orang lain.

Siapa itu? itu saya! Itu mungkin anda? Itu mungkin kita? Itu mungkin mereka! Itu hanya mungkin! :)

+++

Jadi, ayo ‘piknik’! Buka mata, buka telinga, buka hati!

Tapi jangan ‘kejauhan’ juga ya pikniknya..karena tanpa bantuan penuntun, Anda bisa tersesat! :)

TEGUH ARIFIYADI, penjaga dapur konten kwkementerian komunikasi dan informatika

Comments