KETIPUNG, ALAT MUSIK JEPIN WARISAN LELUHUR



Ketipung merupakan salah satu alat musik Jepin bagi suku Tidung, alat musik ini memiliki bentuk yang menyerupai gendang namun berukuran kecil dan berbentuk bulat memanjang dengan bagian tengahnya berukuran lebih besar. Ketipung ini biasanya digunakan sebagai salah satu alat musik ketika mengiringi musik Jepin khas suku Tidung.  Tarian Jepin biasa ditarikan pada penyambutan tamu.
Biasanya ketipung ini terbuat dari kulit sapi atau kulit kambing yang sudah ditipiskan dan dikeringkan. Ketika ketipung di tabuh maka akan menghasilkan suara yang bulat dan nyaring. Selain mengiringi music Jepin, ketipung juga digunakan untuk mengiringi music melayu dan dangdut.
Ketipung pada suku Tidung berbeda dengan ketipung yang ada di pulau jawa, karena pada ketipung ini yang di salah satu tampuk saja yang digunakan untuk tetabuhan sedangkan bagian tampuk yang lain dibiarkan terbuka.
Selain itu ketipung juga menjadi alat musik yang biasanya digunakan untuk mengiringi musik yang bernuansa Timur Tengah dan dihias sesuai dengan motif pada masing-masing daerah asal ketipung tersebut
Pada ketipung khas suku Tidung tidak jaug berbeda dengan ketipung pada daerah lain yang memiliki hiasan berupa ikatan pada badan ketipung yang terbuat dari rotan sebagai hiasannya.

WENING TYAS, mahasiswa pbsi fkip ubt

Comments