WHAT'S NEW?
Loading...

KAMPANYE LITERASI AJAK MASYARAKAT BERPIKIR POSITIF


Ada banyak cara melakukan kampanye literasi. Seperti yang dilakukan mahasiwa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UBT, mereka mengaja masyarakat untuk berliterasi dengan cara menyebar meme literasi.
Terdapat meme literasi bergambar motivator ulung yakni Anthony Robbins yang menyatakan "pikiran menentukan nasib" dan dilengkapi dengan caption ungkapan "pikiran menjadi tindakan, tindakan menjadi kebiasaan, kebiasaan menjadi karakter, karakter menjadi nasib. "
Meme tersebut satu sisi merupakan bentuk keprihatinan mahasiswa terhadap maraknya ujaran kebencian, konten negatif internet khususnya hoax, fitnah dan pornografi. Mahasiswa mengajak koleganya sesama mahasiswa dan juga masyarakat luas untuk berpikir kritis terhadap setiap broadcast dan tebaran gambar yang belum jelas asal-usulnya.
Informasi yang diterima mentah dapat mempengaruhi pikiran seseorang, sedangkan informasi yang ditelan adalah informaai dengan konten negatif. Akibatnya, pikiran menjadi negatif sehingga membentuk tindakan negatif, selanjutnya menjadi kebiasaan negatif, berpengaruh terhadap merebaknya karakter negatif dan akhirnya menjadi nasib negatif yakni pribadi dan bangsa yang lebih mencintai hal negatif dibandingkan hal positif. (ambau.id)

0 comments:

Post a Comment