GAMBUS, MUSIK ISLAM BAGI MASYARAKAT KALIMANTAN UTARA



Gambus merupakan alat musik tradisional suku melayu dan salah satu dari suku tersebut ialah suku Tidung. Gambus sering dikaitkan dengan kebudayaan islam. Dalam tradisi musik suku melayu, gambus digunakan dalam pertunjukan tarian Jepin. Dan Jepin merupakan tarian khas suku Tidung yang ditarikan pada saat penyambutan tamu atau perayaan lainnya.
Gambus merupakan alat musik petik. Alat musik ini dipengaruhi dari daerah Timur Tengah dan dibawa oleh orang Timur Tengah yang dulu datang ke Kalimantan untuk menyebarkan agam Islam, sehingga orang melayu kebanyakan beragama Islam.
Pada alat musik gambus, badannya dari gambus terbuat dari kayu nangka. Badan gambus bercat coklat, sedangkan dawainya dari bahan nilon. Dawai dari alat musik gambus ini bervariasi, mulai yang berdawai empat hingga ada yang berdawai duabelas.
Alat musik gambus dimainkan sambal diiringi dengan alat musik ketipung atau gendang dan biola pada musik Japin. Selain itu gambus juga mempunyai motif ciri khas pada setiap daerah asal masing-masing gambus.
Selain itu gambus juga biasanya digunakan untuk mengiringi lagu keagamaan yang bernuansa Timur Tengah. Hingga gambus dijadikan sebagai nama dari grup gambus yang mengiringi lagu keagamaan Islam yang diiringi dengan tarian Japin namun penari tersebut semua ditarikan oleh pria.

HENY APRIANI, mahasiswa pbsi fkip ubt

Comments