ALAT MUSIK JEPIN DI KALIMANTAN UTARA



Alat music jepin suku Tidung yang ada di rumah adat Tidung, kota Tarakan Kalimantan Utara  yang merupakan seni musik yang berasal dari kebudayaan arab pada saat penyebaran agama islam hingga menjadi bagian dari budaya suku Tidung. Kesenian ini menggunakan alat musik seperti ketipung, Gambus Pagun serta Rudus. Alat musik inilah yang biasanya mengiringi musik tarian jepin suku Tidung di Kalimantan.
        Alat musik Gambus Pagun bukan hanya digunakan pada kesenian budaya Tidung tetapi juga pada budaya lain di Indonesia yang berbeda adalah bentuk gambus dari setiap daerah namun dengan petikan khas melayu yang lembut. Sama halnya dengan Rudus atau biola dan Ketipung atau gendang kecil adalah salah satu alat musik yang berasal dari kalimantan yang terbuat dari kulit kambing. Selain mengiringi musik melayu ketipung juga sering kali mengiring musik-musik dangdut atau keroncong.
          Tari jepin ternyata bukan hanya di Indonesia, di Malaysia ada kesenian Zapin yang mereka klaim sebagai bagian dari budaya mereka juga. Hal ini terjadi karena dia negara tetangga suku Tidung banyak tersebar di sejumlah daerah yang dekat berbatasan Indonesia Malaysia. Untuk musik dan gerakan dasar jepin memang hampir menyerupai akan tetapi pada cerita memiliki perbedaan. 
          Alat musik jepin inilah yang mengiringi kesenian musik suku tidung, dengan alunan irama yang rampak dan bersemangat. Iringan alat musik inilah juga yang akan membuat gerakan-gerakan kreatif pada musik jepin. Suku Tidung di Kalimantan.

SITI FAUZIAH LABUNGA, mahasiswa pbsi fkip ubt

Comments