WHAT'S NEW?
Loading...

TEKS, BAHASA DAN FUNGSI SOSIALNYA



Teks dapat didefinisikan sebagai satuan bahasa yang dapt dimediakan secara tulis atau lisan yang ditata menurut struktur teks tertentu yang mengungkapkan makna secara kontekstual. Biasanya pembelajaran berbasis teks disebut juga pembelajaran berbasis genre. Genre juga dapat di artikan sebagai jenis teks. Secara luas didefinisikan sebagai proses social yang berorientasi pada tujuan yang dicapai secara bertahap.
Fungsi sosial teks adalah tujuan dari teks tersebut. Dalam proses pembelajaran, perlu ditunjukkan bahwa unsure-unsur dan struktur teks itu digunakan di dalam teks untuk memnuhi fungsi/tujuan sosialnya. Teks meliputi oleh dua konteks, yaitu konteks situasi dan kontes budaya. Teks situasi berkenan dengan penggunaan bahasa yang di dalamnya terdapat register yang melatarbelakangi lahirnya teks yaitu, adanya sesuatu (pesan, pikiran  gagasan, ide) yang hendak disampaikan. Konteks yang kedua adalah konteks budaya masyarakat tutur bahasa yang menjadi tempat jenis-jenis teks tersebut diproduksi. Konteks situasi merupakan konteks yang terdekat yang menyertai pencipta teks, sedangkan konteks budaya lebih bersifat instituasional dan global.
Ada 2 jenis teks yaitu, genre faktual adalah jenis teks yang berdasarkan kejadian dan peristiwa yang nyata, genre fiksional adalah jenis teks yang di buat berdasarkan imajinasi atau khayalan. Menurut Rose dan Martin, 2012 bahwa terdapat empat tahap yang harus di tempuh pada pengajaran yaitu tahap pembangunan konteks, permodelan teks, pembuata teks secara bersama-sama, dan tahap pembuatan teks secara mandiri.

NOVIA DANI PRATIWI, mahasiswa pendidikan matematika FKIP UBT

0 comments:

Post a Comment