SKRIPSI, SEBUAH PERJALANAN KENANGAN



Buku ini, buku penuh kenangan. Buku kumpulan cerpen yang saya analisis buat skripsi. Gimana ga penuh kenangan, lha wong skripsi saya hilang ga tau kemana, hahahaa.. kok iso yo skripsi setebel itu isa-isane ketlingsut 😑 jadi kenang-kenangannya ya tinggal buku ini aja.

Proses ngerjain skripsinya juga banyak melewati hal-hal yang  tak terlupakan. Pernah udah sampe pembahasan ternyata komputer rusak, jaman dulu pake disket nyimpennya, itu kok ya disketnya ga bisa dibuka. Akhirnya begadang 3 hari 2 malam di kos temen numpang pake komputernya buat ngetik lagi. Trs minta duit bapak buat beli flasdisk, awal-awal ada flasdisk, yang  128 kb aja harganya 250an lebih kalo ga salah. Waktu itu kalo pergi kemana-mana kalungan flashdisk wis keren beuutttt coy... 👍👍😂.

Ngerjain skripsi barengan bersama 2 temen yang lain. Saya, menganalisis kumpulan cerpen itu, sedang 2 temen saya kebetulan kok sama, proses kreatif penulis. Yang satu penulis cilik, yang satu lagi pemenang lomba penulisan novel Dewan Kesenian Jakarta. Kebetulan penulis itu dua-duanya tinggal di Bandung semua. Karena bahasannya proses kreatif, mau ga mau ya harus wawancara sama yang  bersangkutan, beda sm saya yang ngerjain skripsinya cuma ngendon di kamar atau paling pol jalan ke perpus. 2 teman saya itu janjian mau ke Bandung bareng-bareng, tapi ga berani. Bingung mau ngajak siapa, akhirnya sayalah yang mereka pilih, katanya dengan pertimbangan waktu itu saya adalah perempuan yang jantan (???) jd biar ada bodyguardnya, duuhh.. 😅😂.

Perjalanan ke Bandung yang nekat. Di Bandung ga punya saudara, ga ada kenalan tapi sebelum berangkat tiba-tiba inget punya 1 temen yang  kuliah disana, kebetulan kok ya cowok 😁. Dikontaklah temen itu, cerita kalau kita cewek-cewek kece yang lugu nan cantik ini mau ke Bandung yang notabenenya ke Bandung baru sekali itupun pas study tour jaman SMP & di Bandung ga ada saudara atau kenalan. Intinya minta tolong lah selama disana. Akhirnya oke, kita berangkat siang pake bis, sampe Bandung pagi. Kita ke kos temen yg cowok itu, otomatis kos-kosan cowok juga, numpang istirahat Dan mandi. Wkwkwkwkk.. kalo inget waktu itu geli-geli gimana gitu.. Itu temen-temennya pada terheran-heran kok ada cewek-cewek nyasar di kosan cowok, dan kita pun cuek, bodo amat yang penting dapat tumpangan gratis 🙈🙈.

Habis mandi langsung ke tujuan pertama, sang pemenang lomba penulisan novel. Berbekal ancer-ancer dari yang mau dikunjungi, kita bertiga naik bis, di sepanjang jalan ngobrol sampe ga sadar ternyata penumpangnya cuma tinggal kita bertiga "Mbak, mau turun mana? Ini udah pemberhentian terakhir" dan sambil cekikikan kita turun dari bis. Alhamdulillah nyari alamatnya lancar, pulang pergi ga pake nyasar. Malemnya nginepnya numpang lagi di kos-an temen tadi, dia yg ngalah tidur di kampus, wkwkwkwkkk..

Paginya siap-siap menuju tujuan terakhir, ke rumah penulis cilik. Janjian di sebuah masjid. Waktu itu pas hari jumat. Halaman masjid ramai dengan pedagang yang  jualan. Mulai dari buku sampai kaset bajakan. Ngomongin kaset bajakan, salah 1 teman saya ada yang fans garis kerasnya bang haji Rhoma Irama. Melihat ada yg jualan kaset, dia mendekat & mulai nyoba-nyoba muter kasetnya sambil nyanyi-nyanyi, goyang-goyang kepala sampai manggut-manggut dan akhirnya dengan wajah penuh kebahagiaan Dan berbinar-binar, dia pun membeli kaset itu 💆😅.

Setelah urusan selesai, kita janjian di kampusnya temen yang kita tumpangi selama di Bandung buat pamitan, terus ke stasiun beli tiket. Sebelum beli tiket, salah 1 temen ditelpon ayahnya, ditanya mau pulang pake apa & dijawab pake kereta ekonomi, sama ayahnya ga boleh, mosok cewek-cewek naik kereta ekonomi, akhirnya ayahnya bilang suruh naik bisnis, mau ditransferi sekalian bayarin tiket temen-temannya.. hahahaaa... Alhamdulillah.. lumayan.. duit buat beli tiket bisa buat beli bolen Kartikasari 😋.

Kiss panjang yang ga penting tapi buat saya bisa jadi moodbooster setelah inget cerita-cerita konyol jaman enom seperti Raisa mau nyapu Dan ngucek baju sebelum tambah kesiangan, soalnya nanti udah janjian mau lunch bareng sama babang Hamish di mie ayam pak Tupon andalan kita... 😌

UCHIE PERWITASARI, ibu rumah tangga

Comments