WHAT'S NEW?
Loading...

SERI PRAKTIS MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR (2): MENYIASATI ADMINISTRASI JURUSAN

  





Setelah ide penelitian matang, langkah berikutnya merumuskan ide penelitian tersebut menjadi judul penelitian untuk di serahkan kepada pejabat di jurusan agar mendapat pengesahan sebagai judul skripsi yang akan anda teliti. Mendapat persetujuan pejabat jurusan bukanlah perkara mudah, tetapi tidak juga sesulit yang dibayangkan. Perlu jurus-jurus khusus agar bisa diterima dengan lancar dan mudah oleh pejabat jurusan.
Saya menyarankan kepada mahasiswa untuk melakukan beberapa langkah berikut agar keketika menyerahkan judul ke pejabat jurusan bisa lancar-lancar saja, alias diterima tanpa pertanyaan. Adapun langkah-langkah yang perlu ditempuh, pertama, buatlah judul yang menarik yang menyebabkan pejabat jurusan tertarik menaruh minatnya atas skripsi yang akan anda kerjakan. Judul yang menarik perhatian pejabat jurusan sering membuat pejabat jurusan yakin dengan kemampuan anda mampu melakukan penelitian skripsi tersebut; Contoh, “Kuliah Berjilbab, Setengah Bugil di Diskotik: Mengenal Prilaku Sosial Ayam Kampus”
Kedua, judul yang anda sampaikan harus bisa menjawab pertanyaan: Apakah judul yang anda ajukan layak diteliti? Jawaban dari pertanyaan ini merujuk kepada berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan data dan menulis skripsi, hal ini penting menyangkut masa kuliah anda. Berapa biaya yang diperlukan, jika biaya diperlukan sangat besar maka tentu tidak layak untuk dilakukan bagi yang kemampuan biayanya terbatas. Ketersediaan dukungan data skunder dan buku-buku, jurnal terhadap tema penelitian anda. Selain itu, kelayakan penelitian ini juga berkaitan dengan kebijakan negara dan jurusan. Seperti larangan penelitian yang menyangkut idiologi tertentu.
Apakah judul yang anda ajukan relevan dengan jurusan? Jawaban atas pertanyaan ini adalah bahwa anda harus meneliti sesuai dengan jurusan kuliah anda. Kalau anda jurusan pertanian, judul yang anda ajukan ke pejabat jurusan tentu tentang pertanian. Begitu juga jika anda jurusan ilmu politik maka anda harus mengajukan judul yang berkaitan ilmu politik. Jika anda jurusan ilmu politik judul yang anda ajukan tentang pertanian maka sudah pasti judul yang anda ajukan ditolak oleh pejabat jurusan.
Apakah judul yang anda ajukan merupakan sesuatu yang baru? Maksudnya baru di sini adalah belum ada yang meneliti sebelumnya. Jika sudah dilakukan oleh senior ada dengan judul yang sama, pendekatan yang sama maka peluang judul anda diterima sangat kecil. Walaupun sebenarnya anda mengambil ide dari skripsi senior, tetapi judul yang anda ajukan usahakan tidak sama dengan judul yang sudah diteliti tersebut.
Ketiga, ketika memasukan judul ke pejabat jurusan, anda disarankan jangan hanya memasukan judul saja. Judul yang anda masukan harus diikuti oleh ringkasan satu atau dua alinea yang berisi urain ringkas alasan anda memilih judul tersebut, masalah yang akan diteliti, bagaimana mengambil data dan di mana tempat penelitian dilakukan. Dengan demikian memberi keyakinan pejabat jurusan bahwa skripsi anda layak dan bisa anda kerjakan.
Keempat, lebih bersifat teknis, yaitu yang menjadi fokus kajian dari jurusan dan minat pejabat jurusan tentang tema-tema penelitian. Sebab itu, seorang mahasiswa disarankan menjalin hubungan baik dengan pejabat jurusan, sehingga mahasiswa mendapat perhatian dan diberi kemudahan. Selain itu, ada baik anda juga menggunakan tangan dosen yang berpengaruh pada saat mengajukan judul tersebut. Misalnya judul tersebut sudah mendapat persetujuan dosen yang berpengaruh tersebut, sehingga anda bisa saja menyebut nama dosen tersebut bahwa judul penelitian anda sudah mendapat persetujuan dari dosen tersebut. Jika pejabat jurusan lebih muda dan kurang pengaruhnya maka cara tersebut lebih efektif.
Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan saya sangat yakin judul yang ada ajukan ke pejabat jurusan sudah dipastikan diterima alias mendapat persetujuan. Untuk itu, anda harus mengerahkan segala kemampuan untuk mempresentasikan keinginannya dalam proposal tersebut, sehingga apa yang hendak dicari dan bagaimana mengenalinya haruslah bisa meyakinkan pejabat jurusan. Setelah judul penelitian diserahkan ke jurusan dan mendapat persetujuan langkah berikutnya yang perlu anda lakukan adalah menulis proposal.
 
 
M. RAWA EL AMADY, Penulis merupakan antropolog dan menulis buku TAOKE, Pegiat CSR dan Resolusi Konflik, Tinggal di Riau
 
 
 
 
 
 
 
 
(ambau.id/ilustrasi: www.123rf.com)

0 comments:

Post a Comment