WHAT'S NEW?
Loading...

PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS


Teks dapat di definisikan sebagai satuan bahasa yang dapat di media kan secara tertulis maupun tulisan. Pembelajaran berbasis teks disebut juga dengan pembelajaran Genre. Secara sempit genre diartikan jenis teks. Secara luas genre didefenisikan sebagai proses social yang berorientasi kepada tujuan yang dicapai secara bertahap.
 Fungsi social teks itu adalah tujuan teks tersebut. Teks diliputi oleh dua konteks yaitu konteks situasi dan konteks budaya. Konteks situasi merupakan konteks yang terdekat yang menyertai penciptaan teks sedangkan konteks budaya institusional dan global. Konteks situasi melatarbelakangi yaitu adanya sesuatu (pesan, pikiran, gagasan, ide) yang hendak di sampaikan.
Genre factual adalah jenis teks yang dibuat berdasarkan kejadian, peristiwa, atau keadaan nyata yang berada di sekitar lingkungan hidup meliputi laporan, deskripsi, prosedur, recount, eksplanasi, eksposisi, dan diskusi. Genre fiksional adalah jenis teks yang dibuat berdasarkan imajinasi bukan berdasarkan kenyataan yang sesungguhnya meliputi anekdot, cerita/naratif dan eksemplum.
Pada pengajaran dan pembelajaran berbasis teks terdapat empat tahap yang harus di tempuh (Rose dan Martin, 2012), yaitu: Tahap pembangunan konteks, Tahap permodelan teks,  tahap pembuatan teks secara bersama-sama, tahap pembuatan teks secara mandiri.


OTAH ZAGIETA, mahasiswa pendidikan matematika FKIP UBT

0 comments:

Post a Comment