MENGAPA SENI DAPAT MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ANAK? BEGINI PENJELASAN PARA AHLI!




(www.123rf.com)
 

Masih ada orang tua atau pendidik yang beranggapan bahwa seni adalah hura-hura, sia-sia dan tidak ada gunanya bagi anak-anak. Ternyata pandangan itu tidak sepenuhnya tepat. Menurut ahli dari Pennstatate Extension, seni justeru member manfaat luar biasa bagi tumbuh kembang anak. Seni khususnya dapat mengembangkan keterampilan anak. Bagaimana itu bisa terjadi?
Menurut ahli, saat anak-anak eksplorasi cat dan meletakkan di tangan mereka, atau membuat kolase dengan kertas robek, mereka sangat terlibat dengan asyik pada kegiatan tersebut. Anak-anak sangat senang eksplorasi dan menciptakan karya seni. Pengalaman cipta karya seni di masa anak-anak dapat mengembangkan keterampilan hidup mereka.
Pada masa awal pertumbuhan, seni berperan penting bagi tumbuh kembang anak-anak. Menurut riset, kegiatan seni mampu mengembangkan kapasitas otak anak usia dini. Selain itu, seni dapat melibatkan indra anak-anak dalam permainan terbuka dan mendukung pengembangan keterampilan kognitif, sosial-emosional dan multisensori mereka. Seiring tumbuh kembang anak di sekolah dasar dan menengah, seni terus mengembangkan kemampuan otak, penguasaan, harga diri dan kreativitas anak-anak. (ambau.id)

Comments