WHAT'S NEW?
Loading...

MENGAPA HOAX BERBAHAYA BAGI KEHIDUPAN PRIBADI DAN KELUARGA ANDA? INILAH PENJELASANNYA!



(sumber: www.123rf.com)



TARAKAN (27/08). Sebagaimana dijelaskan dalam situs Avira.com, hoax merupakan kebohongan dalam bentuk usaha untuk menipu, untuk membuat masyarakat percaya pada gagasan aneh, umumnya melibatkan objek material yang bertujuan untuk memperoleh uang atau materiil yang tidak sah, termasuk melalui sentiment suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).  Bahkan, hoax juga muncul dalam bentuk humor politik tertentu. Menurut pengamatan ahli dari Avira.com, tidak jarang hoax bertujuan untuk mengejek dan menyindir, mengolok-olok kredibilitas seseorang di ranah publik. Para pelaku hoax itu menggunakan media secara misterius dan memanfaatkan beragam jaringan media untuk menyebar secara berjejaring secara terkendali maupun liar. Contohnya apa yang terjadi pada kasus Saracen di Indonesia, sebuah kelompok yang berkomunitas, berkomplot dan mendulang pundi-pundi uang dengan cara produksi dan menyebarkan uang. Ternyata, seiring dengan perkembangan, mulai terkuat beberapa jaringan yang berkelindang di antara para pelaku hoax tersebut. 
 Contoh hoax yang menjadi ancaman bahaya adalah “virus”, biasanya dilakukan melalui peringatan email tentang virus baru dan sangat merusak. Biasanya disebutkan agar pembaca segera share, mengingatkan teman dan menakut-nakuti dengan ancaman bahaya. Hasilnya adalah email tersebut menyebar ke semua kanal secara pesat.
Hoax lain berbentuk surat elektronik berantai. Misalnya masyarakat ditakuti dengan hal tertentu seperti fenomena alam, badai, kiamat, bencana, kecelakaan, dan sebagianya, biasanya sangat emosional mengusik rasa kemanusiaan dan keyakinan masyarakat. Beberapa pesan mengirim pesan agar masyarakat mengirim doa, mengaminkan doa, mengirim uang, atau bantuan tertentu yang tidak jelas tujuannya, dan meminta masyarakat menshare hoax tersebut ke banyak mungkin orang. Padahal sebenarnya, anda tidak harus membalas pesan tersebut, apalagi menyebarkannya! Tidak ada bencana yang terjadi. Ingat, itu hanya hoax belaka!
Hoax juga dilakukan untuk tujuan ekonomi dan politik, seperti mengais keuntungan ekonomi tertentu untuk menjatuhkan musuh bisnis, atau mengangkat nama perusahaannya, atau merusak reputasi musuh politik, atau menggali sumber suara bagi pilihan politiknya. Kita hanya cukup meyakinkan bahwa hoax itu berhenti pada anda, dan tidak menyebarkannya sebagai orang yang cukup terpelajar.
Menurut ahli, anda tidak perlu bertanya “Apakah informasi ini betul?” sedangkan anda dapat mengecek langsung melalui link yang dibagi, tapi hati-hati kadangkala link tersebut mengandung virus computer. Penyebaran hoax sangat bergantung kepada anda, apakah akan berhenti ataukah terus menyebar dan merusak kehidupan pribadi anda dan keluarga. Sebab, informasi yang salah akan menjadi beban kejiwaan anda dan juga keluarga. Belum lagi bila terjadi masalah hukum politik, anda dapat dituntut oleh regulasi undang-undang yang mengatur di Negara anda, dan juga hukuman sosial dari masyarakat disebabkan kesalahan anda menyebarkan hoax. (ambau.id)
   

0 comments:

Post a Comment