KABAR: TERNYATA BAHASA HARUS DIPELAJARI DI SEMUA BIDANG PELAJARAN, BUKAN HANYA DI KELAS BAHASA, BERIKUT INI ALASANNYA!



TERNYATA BAHASA HARUS DIPELAJARI DI SEMUA BIDANG PELAJARAN, BUKAN HANYA DI KELAS BAHASA, BERIKUT INI ALASANNYA!



TARAKAN (21/08). Banyak kritik ditujukan kepada kegiatan pengajaran membaca di sekolah. Pengajaran di sekolah selama ini terkesan angker, bahkan mengerikan bagi anak-anak. Semakin banyak jam kegiatan membaca tidak membuat anak-anak keasyikan membaca, tetapi justeru seperti berada di bawah tekanan. Keadaan itu juga pernah terjadi di Australia. Para praktisi dan profesional pendidikan, sebagaimana dikutip Theconversation.com, mengkritisi cara pengajaran membaca di Australia yang mirip suasana perang, mengerikan dan menakutkan. 
Keadaan itu membuat orang tua bingung dan khawatir tentang pengajaran membaca bagi anak mereka. The Australian Literacy Educators Asssociation (ALEA) pernah merilis deklarasi tentang Literasi Abad 21. Menurut ALEA, melek huruf bukan semata bermakna baca dan tulis, tetapi juga menciptakan makna dalam kehidupan yang lebih luas.
Sebab itulah, dalam kurikulum pengajaran bahasa di Australia, keaksaraan bukan hanya bagian dari kurikulum bahasa Inggris. Tapi juga salah satu kemampuan umum. Ini berarti sepanjang tahun sekolah anak-anak harus belajar menggunakan bahasa dan membuat makna. "Tidak hanya di kelas bahasa Inggris, tapi juga di bidang studi lainnya," ujar para peneliti ALEA. (ambau.id)

Comments