KABAR: BEGINI CARA MENUMBUHKAN KEBIASAAN MINAT BACA DI SEKOLAH DASAR







TARAKAN (22/08). Pakar Pendidikan Karakter, Carla Sidani dan Nour Houry, menyatakan bahwa kebiasaan membaca merupakan rutinitas sehari-hari. Kebiasaan membaca menjadi kebutuhan pribadi seseorang dan minat mengambil buku untuk dibaca. Bukan sekadar dengan alasan pendidikan, bersekolah, berkuliah atau pekerjaan tertentu. Membaca menjadi sebuah kegiatan yang mengasyikan dan dapat dinikmati oleh pembaca.  “Membaca dapat menjadi seperti tidur dan olahraga, kebiasaan membaca perlu dikembangkan oleh anak-anak usia awal bulan pertama agar dapat diinternalisasi secara konsisten sepanjang hayat,” ungkap Carla Sidani dan Nour Houry.
Ditambahkan oleh keduanya, untuk menumbuhkan kebiasaan minat baca seringkali tidak dapat mengandalkan rumah, sebab tidak ada control yang memadai di tengah kesibukan orang tua. “Sekolah dasar dan guru berperan utama memungkinkan siswa menumbuhkan kebiasaan membaca,” tegas mereka.
Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain membuat pojok membaca di kelas sendiri, ruang baca yang menjamin privasi pembaca khususnya untuk ruang yang dikunjungi beberapa orang,  rak buku yang menarik dan sesuai kebutuhan, bacaan-bacaan disusun dan ditampilkan berdasarkan kelompok buku, beberapa buku dengan seorang penulis perlu diletakkan di satu tempat tertentu, lantai ruang baca perlu dilandasi permadani sehingga nyaman, dan ketersediaan bacaan yang menarik dan beragam. “Jangan lupa untuk memasang poster menarik yang dapat mendorong pembaca agar semangat membaca dan membiasakannya. Sediakan juga buku bermutu, agar anak-anak mulai mengenal dan membaca buku berbobot secara bertahap,” ujar Carla Sidani dan Nour Houry.
Cara lain yang dapat dilakukan adalah menggabungkan sastra anak dengan kegiatan ekspresi mandiri dari anak-anak, seperti membaca dan diskusi sastra, bermain peran, membaca bersama, pembicaraan buku, teater pembaca, wayang, latihan berita dan sebagainya. Juga dapat dilakukan dengan cara ekspresi diri secara tertulis, seperti program menulis gratis, mind mapping, publikasi tulisan lewat web, diagram, refleksi pribadi lewat diary, menulis surat, menulis percakapan drama, dan sebagainya. (ambau.id)

Comments