CORETAN: HARDIYANTI ANWAR: ADAKAH YANG SALAH DARI MAHASISWA KULIAH-PULANG-KULIAH-PULANG?






(SUMBER: WWW.123RF.COM) 
 

Tidak sekali atau dua kali saya mendapat kritikan atau sekedar celetukan "pulangan", atau bahkan sindiran seperti "aku tau habis ini pasti kamu pulang," . 
Percaya atau enggak, sadar atau enggak, celetukan semacam itu memang sangat mengganggu dan sangat menyinggung perasaan. Bukan karena saya sedang PMS lalu kebawa perasaan atau karena saya seorang wanita sehingga memiliki perasaan yang terlampau sensitif, bukan. Melainkan, kalian tahu apa tentang kehidupan pribadi saya? Apakah setiap kegiatan saya, kehidupan saya, apapun yang saya lakukan harus saya laporkan kepada setiap orang sehingga hal tersebut dapat menangkal celetukan-celetukan yang notabene mengarahkan saya pada "mahasiswa kuliah-pulang-kuliah-pulang".
Setiap manusia memiliki potensi yang berbeda . Setiap manusia memiliki keinginan dan pencapaian serta cita-cita yang tidak sama. Oleh karenanya jalan yang ditempuh pun tidak bisa disamaratakan . Bisa jadi mahasiswa kuliah-pulang yang kamu maksud sedang berjuang keras menyelesaikan tulisan-tulisannya untuk membuat sebuah buku . Bisa jadi mahasiswa yang kamu juluki "kupu-kupu" itu mengambil kerja parttime demi bisa membantu orang tua membayar UKT yang tidak murah . Bisa jadi mahasiswa yang kamu beri celetukan itu sedang mengasah skillnya di luar kampus dengan mengikuti kursus atau bahkan ia sudah mulai merintis usahanya.
Duhai mahasiswa, khususnya orang yang gemar berceletuk ria, tidak adil rasanya bila standart orang lain kemudian kamu ukur dengan standart pribadimu. Tidak pantas rasanya bila ukuran sepatu orang lain kamu ukur menggunakan ukuran kakimu.

*penulis merupakan mahasiswa Universitas Borneo Tarakan

Comments