BAGAIMANA KEGIATAN SENI MAMPU MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK-ANAK? SIMAK PENJELASAN AHLINYA!







(Sumber: www.123rf.com)


Apakah seni benar-benar mampu meningkatkan kreativitas anak-anak? Pertanyaan ini sering mengganggu para orang tua, terkhusus para pendidik. Bukankah kesenian cenderung membuat anak-anak hanya asyik dengan diri sendiri, menghabiskan waktu dengan bermain dan tidak mengulang pelajaran sekolahnya? Anggapan ini ternyata kurang tepat.
Menurut ahli dari Pennstatate Extension, melalui kreativitasnya, anak-anak mampu mengekspresikan gagasannya sendiri, mencoba hal baru, dan bereksperimen dengan perubahan materi. Cara terbaik untuk mengembangkan kreativitas adalah menyediakan beragam bahan, dan memberi anak-anak  waktu untuk menciptakan karya sendiri. Ahli juga menyarankan agar orang tua mencoba cara lain mendukung kreativitas anak yakni dengan hanya mengamati saat mereka bekerja dan mencipta. Orang tua cukup menyediakan persediaan bahan tambahan jika diperlukan, dan membiarkan anak memutuskan kapan pekerjaan berkesenian tersebut selesai.
Ditambahkan oleh para ahli, orang tua perlu mendorong anak-anak untuk mencoba pengalaman seni baru. Orang tua dapat bertanya “Apa yang menurutmu dapat dilakukan dengan benang tersebut” “apa yagn dapat dilakukan dengan jarum tersebut?” “apa yang dapat dilakukan dengan pensil tersebut?” dan seterusnya. Pertanyaan tersebut dapat merangsang anak berpikir dan mencari alternatif kreatif dalam menyelesaikan persoalan hidup.  Anak-anak dapat anak memikirkan proses atau ciptaan apa yang dapat mereka ciptakan. 
Selain itu, ahli juga menjelaskan bahwa kegiatan seni untuk anak-anak ternyata dapat mengenalkan pada alat dan bahan baru. Tentu saja, dengan alat dan bahan baru tersebut anak-anak akan belajar cara baru yang memungkinkan untuk mereka menggunakannya dalam kegiatan seni. Anak-anak juga bisa memutuskan apa yang harus diciptakan dan bagaimana mereka mau melakukannya dengan alat dan bahan tersebut. (ambau.id)

Comments