KABAR: SAYEMBARA PENULISAN CERITA ANAK





 
BALAI BAHASA KALIMANTAN TIMUR GELAR SAYEMBARA PENULISAN CERITA ANAK 

Balai Bahasa Kalimantan Timur kembali menggelar program untuk meningkatkan literasi masyarakat, khususnya kalangan anak dan generasi muda. Kali ini, Balai Bahasa menggelar Sayembara Penulisan Cerita Anak untuk masyarakat umum.
Menurut Amin Wangsitalaja, seorang panitia dari Balai Bahasa Kaltim, total hadiah yang disediakan sebesar Rp 50 juta. Sayembara ini diperuntukkan bagi warga kaltim atau kaltara yang dibuktikan dengan fotokopi kartu identitas KTP/Kartu Pelajar/KTM, dan sebagainya. Syarat ini berlaku dengan pertimbangan wilayah kerja Balai Bahasa Kaltim adalah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sebagai provinsi baru pemekaran dari Kalimantan Timur, sedangkan Balai Bahasa belum berdiri di Kalimantan Utara. 


Lebih lanjut dijelaskan bahwa cerita anak yang ditulis ditujukan dan dikonsumsi untuk pembaca usia 10--12 tahun, berbentuk cerita anak bukan dongeng atau cerita rakyat.  Sementara itu, isi bacaan cerita yang ditulis harus memiliki pesan tentang sikap hidup dalam keluarga dan lingkungan, serta tidak mengandung unsur ke-porno-an/kekerasan/sentimen suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). 
Peserta dapat mengirim naskah sayembara dengan disertai surat pernyataan bermaterai bahwa naskah tersebut merupakan karya asli, bukan saduran, bukan plagiat, dan belum pernah diterbitkan serta tidak sedang dilombakan di tempat lain. Tema dan persoalan yang dapat diangkat dalam naskah sayembara ialah gambaran kehidupan anak-anak kaltim/kaltara, baik di perdesaan atau perkotaan.  Naskah ditulis dengan panjang 30--40 halaman. ukuran kertas kwarto, spasi 1,5, huruf arial dan font 12.  Masyarakat yang berminat, dapat mengirim naskah selambatnya 31 agustus 2017, dengan naskah dicetak dan dijilid sebanyak 3 rangkap (disertai file). Naskah terjilid dikirim ke alamat yakni Panitia Sayembara Penulisan Cerita Anak, Kantor Bahasa Kaltim, Jalan Batu Cermin 25 Sempaja Utara, Samarinda 75119. File naskah dikirim ke alamat email: sayembarakaltim2017@gmail.com .


Lebih rinci, hadiah akan diberikan kepada pemenang I sebesar RP 2.000.000,00,  Pemenang II sebesar RP 10.000.000,00, Pemenang III sebesar RP 8.000.000,00 dan pemenang IV sebesar RP 6.000.000,00 (ambau.id)

Comments