Solidaritas Sosial



KJN UNDANG MASYARAKAT SOLIDARITAS BANJIR SEI SEMBAKUNG
Oleh: Riel

Hari ini, Sabtu malam Minggu (1 April 2017), banjir bandang kembali melanda 4 kecamatan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara di Indonesia, meliputi Sembakung, Lumbis Ogong, Lumbis dan Sembakung Atulai. Keempat kecamatan merupakan daerah pemukiman yang tersebar di sepanjang Sei Sembakung yang berhulu di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Banjir bandang merupakan banjir kiriman dari negeri jiran di Malaysia, yang datang sering tidak terduga dan telah terjadi beberapa kali sejak beberapa tahun silam.
Akibat banjir bandang, beberapa penduduk desa di sepanjang Sei Sembakung pun kini mengungsi ke tempat yang lebih aman.Komunitas Jendela Nusantara (KJN) salah satu komunitas literasi di Kalimantan Utara yang digerakkan anak-anak muda, dan pernah mendampingi anak-anak di Desa Suyadon Lumbis Ogong, Nunukan, pun merasa prihatin. Menurut Rahmadina, Koordinator KJN, mereka berharap keadaan anak-anak Suyadon yang pernah bersama mereka beberapa waktu selamat dan baik-baik saja. "Kami ikut khawatir dengan terjadinya kembali banjir bandang kali ini," ujar sarjana pendidikan guru sekolah dasar di Universitas Borneo Tarakan tersebut.
Para relawan KJN masih terus berkomunikasi dengan relawan lain yang berada di lokasi banjir, seperti Lumbis dan Sembakung, daerah terdekat dari Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Anisa, relawan KJN menyatakan, saat ini beberapa desa para penduduknya telah mengungsi ke gunung atau bukit terdekat untuk menghindari banjir."Rumah mereka telah terendam banjir. Adik-adik kami tidak bisa sekolah. Kabar terakhir, buku-buku di beberapa sekolah, yang kami tinggal beberapa waktu lalu juga tak terselematkan. Semua sibuk membantuk anak dan perempuan untuk mengungsi dengan keadaan seadanya," ujar Anisa sedih.
Rahmadina dan kawan-kawannya dari KJN mengajak masyarakat untuk solidaritas sosial. "Kami dari KJN membuka donasi untuk masyarakat korban banjir bandang. Bentuknya bisa uang, sembako, buku bacaan, pakaian layak pakai, obat-obatan dan apa saja yang dibutuhkan. Segera hubungan kami," ujar Rahmadina dari KJN. Anisa dari KJN juga menyampaikan bahwa bantuan akan segera dikirim ke korban banjir di sepanjang Sei Sembakung.
KJN membuka akses informasi melalui HP 081351030468 atas nama Rahmadina dan 085246431366 atas nama Muthamina Lintang. Donasi dapat dikirim via rekening BNI Syariah 2017006023 atas nama Komunitas Jendela Nusantara (KJN). (red/ril)

Comments