PARTAI KANAN DAN HASIL PEMILU DI JERMAN



Ingat postingan saya tentang kampanye anti-Islam dan imigran yang dilancarkan oleh partai sangat kanan AFD - Jerman?

Hasil polling pemilu Jerman hari ini menunjukan partai AFD mendapatkan perolehan suara yang cukup signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya; yaitu 13 % sementara dalam pemilu2 sebelumnya hanya 5 - 6 %.


Tapi alhamdulillah partai penguasa CDU tetap mendapatkan suara terbanyak dan Angela Markel kemungkinan besar tentu terpilih lagi keempat kalinya sebagai Chancellor.  Perolehan suara CDU agak turun, banyak pihak menilai hal tersebut dikarenakan perlawanan warga Jerman atas kebijakan Markel membuka pintu lebar-lebar untuk para refugee (pengungsi)  yang sebagian besar dari Syiria dan Irak. Dan penolakan mereka terhadap refugee dijadikan isu utama bagi AFD dalam mengeruk suara pada pemilu kali ini. Jadi kemenangan AFD juga krn polarisasi isu, mereka para pemilih tdk mempunyai kedekatan yang kuat dengan  partai.

Hasil pemilu Jerman dan banyak negara di Eropa adalah refleksi kita bersama, bahwa banyak kelompok yang sengaja membangunkan kebencian untuk memperoleh kekuasaan. Tetapi masih banyak kelompok yang terus memperjuangkan kebaikan bersama meski mahal harganya.

MAGFIROH ABDULLOH MALIK, peneliti dan aktivis perempuan

Comments