PERJUANGAN HIDUP DALAM FILM RUDY HABIBIE


Rudy Habibie merupakan sebuah film drama Indonesia 2016 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film tersebut merupakan prekuel dari Habibie & Ainun. Film tersebut dibintangi oleh Reza Rahadian, Chelsea Islan, Indah Permatasari, Boris Bokir, Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono, Verdi Solaiman, Rey Bong, dan Bastian Bintang Simbolon.
Film ini mengupas tentang kehidupan Habibie muda -masih dipanggil dengan nama depan, Rudy- yang ingin mendirikan industri dirgantara di nusantara serta masalah-masalah pergaulan, percintaan, dan politis yang ia hadapi dalam mewujudkan keinginannya tersebut.Ada banyak rintangan yang menghalangi Rudy. Dia susah uang. Dia diremehin. Tidak ada yang berani membantunya karena dianggap tidak patuh negara. Agendanya kurang populer, Konflik-konflik terasa instan, baik kedatangan maupun penuntasan. Rudy Habibie kisahnya disusun dari cerita-cerita B.J. Habibie yang belum diceritakan sebelumnya. Ini adalah kisah tentang perjalanan tumbuh dewasa seorang anak laki-laki dan Indonesia yang masih belia.
Sebuah kisah masa muda sang visioner: RUDY HABIBIE sebelum dia di kenal sebagai teknokrat dan presiden Republik Indonesia Ke-3: BJ. Habibie.
Rudy sangat ingin membuat pesawat untuk memenuhi pesan almarhum Papinya: “menjadi mata air”, menjadi berguna untuk orang banyak. Tapi di atas hanya arus membuat keluarga nya berkorban karena dia harus kuliah di RWTH Aachen, Jerman Barat.
Di sana Rudy hidup dalam kondisi terbatas, rasa rindu rumah, dan belajar soal arti persahabatan, cinta, juga pengkhianatan bersama para mahasiswa Indonesia yang baru dikenal nya di sana.Adapun Adegan yang membuat saya terharu dan menitikan air mata saat ayah Rudy Habibie meninggal dunia saat sedang menjadi imam shalat. Luar biasa khusnul khatimah-nya. Apalagi ditambah adegan slow-motion para anggota keluarga yang menangis, it's so hurt.
Kelebihan dari film ini yaitu pemain yang berperan sangat menjiwai perannya yang mendukung jalannya ceeita,  dan ceritanya pun sangat memotivasi para generasi muda untuk terus berkarya dan tidak pantang menyerah juga semua detail dikerjakan dengan baik ,kelemahannya Satu hal kecil namun terasa mengganggu bagi saya adalah ketiadaan penjelasan waktu terjadinya peristiwa. Pada tulisan di layar, hanya ada tulisan nama kota.
Secara pribadi, saya terinspirasi oleh Rudy Habibie muda yang menghadapi tantangan tidak ringan dalam studinya. Bagaimana pun, film ini bagus untuk edukasi, terutama bagi generasi muda. Saya dapat mengambil hikmah dari film ini bahwa kita ini generasi muda bangsa jangan pernah pantang menyerah dalam mengabdi kepada bangsa negara indonesia jangan pernah takut untuk berkarya demi memajukan bangsa indonesia di mata dunia.  Ayo bangkit para generaai muda.
Dari film ini dapat disimpulkan bahwa kehidupan sukses sang visioner rudy habibie (B. J Habibie)  tidaklah mudah dicapai banyak lika-likunya jadi kita janganlah mudah menyerah.


AFIFA DWI HANDAYANI,  mahasiswa pendidikan matematika fkip ubt







(ambau.id/gambar youthmanual. com)

Comments