WHAT'S NEW?
Loading...

INDONESIA, BAHASA INDONESIA DAN PERSATUAN INDONESIA



Kedudukan bahasa indonesia adalah sebagai bahasa pemersatu (bahasa nasional/bahasa negara)yang di gunakan untuk mempersatukan berbagi suku-suku yang ada di Indonesia.dalam contoh:percakapan antara suku jawa dan suku sunda,suku jawa ini,berbeda dengan suku sunda dengan percakapan terhadap suku-suku jawa lainya. Dan juga sebalikya suku sunda juga berbeda percakapan dengan suku jawa. Tetapi dengan adaya bahasa Indonesia semua suku yang ada Indonesia bisa berkomunikasi dengan baik,dengan menggunakan bahasa Indonesia. Jika tidak ada bahasa Indonesia,mereka yang memiliki perbedaan suku-suku tidak dapat berkomunikasi dengan baik.
Fungsi Bahasa Indonesia memiliki beberapa fungsi di antara lain  yaitu:
Sebagai lambang, baik lambang kebanggaan bangsa maupun lambang indentitas nasional
Sebagai alat, baik alat pemersatu bangsa maupun alat perhubungan.

Dalam bahasa Indonesia memiliki beberapa pengelompokan yaitu Sebagi bahasa Pemersatu dan Negara. Yang termasuk di dalamnya ialah bahasa indonesia yang memiliki kedudukan sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara serta berfungsi sebagai lambang kebanggaan dan identitas nasional. bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi yang digunakan di dalam penyelenggaraan negara. Dalam kedudukan itu bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, bahasa pengantar di dunia pendidikan, bahasa perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah, dan bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.yang berguna untuk menjadikan bangsa Negara Indonesia terus maju dalam perubahan zaman-zaman yang akan datang dan dapat memajukan ekonomi” yang ada di dalam negri untuk dapat memperjualkan barang-barang yang ada Indonesia ke luar negri.

Bahasa daerah adalah bahasa-bahasa suku bangsa di Indonesia. Bahasa ini jumlahnya sangat banyak dan digunakan menyebar di seluruh daerah di Indonesia. Bahasa Daerah ini digunakan oleh berbagi suku-suku yang ada di Indonesia sekarang dalam hal percakapan-percakapan. Banyak masarakat yang ada di Indonesia lebih mudah mengunakan bahasa  daerahya masing-masing dalam hal percakapan kelompok maupun antar individu, dari pada mengunkan bahasa nasional (Bahasa Indonesia) itu sendiri.


ROYYAN FAUZAN,  mahasiswa pendidikan matematika FKIP UBT

0 comments:

Post a Comment