PENELITI: PERGURUAN TINGGI BERPERAN PENTING DALAM PERKEMBANGAN PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN







 (sumber: www.123rf.com)

 
TARAKAN (26/08). Hilal Yildirir Keser, seorang peneliti dari Uludag University Turki, menegaskan bahwa faktor terpenting dalam proses globalisasi adalah pengetahuan. Pengetahuan menjadi kekuatan pendorong proses penciptaan teknologi, pembangunan berkelanjutan serta mempengaruhi
daya saing negara secara langsung.  “Pengetahuan memperkuat perubahan melalui perpindahannya ke teknologi, dan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan yang mampu mengelola proses ini dengan baik. Dalam segala hal, mengejar inovasi dan realisasi pembangunan sangat tergantung kepada pengetahuan,’ ujar Doktor Hilal Yildirir Keser.
 Doktor Hilal mengungkapkan bahwa umumnya angkatan kerja yang telah diterima di banyak perusahaan adalah mereka yang dilahirkan melalui proses pendidikan yang berkualitas.  “Terutama sekali adalah pendidikan tinggi, sangat penting dalam pengembangan sistem produksi, implementasi teknologi baru dan sistem manajemen di mana keputusan strategis sebuah bangsa akan diambil sebuah bangsa. Apalagi di zaman kompetisi global sekarang ini, perguruan tinggi harus meluluskan tenaga kerja berkemampuan khusus, disesuaikan dengan kebutuhan perubahan dunia.  Pendidikan tinggi yang menekankan kemampuan khusus bagi lulusannya mampu meningkatkan daya saing mereka pada persaingan dunia kerja,” jelas Doktor Hilal.
Ditambahkan oleh Doktor Hilal, tenaga kerja terbaik lulusan pendidikan tinggi dapat berperan lebih baik di sector swasta maupun layanan publik milik pemerintah.  “Pendidikan tinggi yang baik mempengaruhi produktivitas individu dan lembaga tempatnya mengabdi.  Peningkatan produktivitas dapat mempercepat daya saing, member kepuasan bagi konsumen dan masyarakat luas. “Produktivitas lulusan perguruan tinggi dalam pengembangan pengetahuan dan teknologi tepat guna juga mampu menciptakan keberlanjutan usaha di banyak tempat. Produktivitas dapat menciptakan lapangan kerja dan peluang bisnis baru dengan beragam produk lain yang menarik. Peningkatkan lapangan kerja dan perkembangan teknologi yang diserap masyarakat berarti meningkatkan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi sebuah bangsa,” ungkap Doktor Hilal.
Menurut Doktor Hilal, dalam hal penciptaan lapangan kerja dan perkembangan teknologi yang terserap masyarakat tersebut, pendidikan tinggi berperan pada upaya menciptakan daya saing di sektor publik. Pendidikan tinggi melakukan penelitian dan pengembangan, mendukung terwujudnya sistem produksi dan manajemen yang sesuai dengan teknologi terbaru yang dibutuhkan masyarakat pada waktu tertentu. (ambau.id)

Comments

  1. sebagai seorang mahasiswa, saya juga setuju bila peneliti mesti berpran aktif bagi bangsa dan masyrakat
    Kosngosan
    UKMSUMUT
    SIBAKUA
    Mobil Honda Pekanbaru
    Nggaga

    ReplyDelete

Post a Comment