BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DALAM PARADIGMA PEMBANGUNAN NASIONAL


Judul: Belajar dan Pembelajaran
Penulis: Muhammad Thobroni
Penerbit: Arruz Yogyakarta

Kehidupan manusia dilewati dari waktu ke waktu sebagai proses belajar yang tak pernah berhenti. Setiap kesalahan menjadi sarana melakukan perbaikan. artinya, belajar dan pembelajaran harus terus dilakukan oleh manusia selama hayat dikandung badan. 
Dalam konteks  inilah menarik membaca buku Belajar dan Pembalajaran yang ditulis Muhammad Thobroni, buku ini merupakan buku cetak ulang dan banyak digunakan sebagai referensi teori dan praktik pembelajaran di Indonesia. Buku ini menekankan pentingnya belajar sebagai sebuah proses tiada henti, perbaikan yang terus-menerus. selain itu, dibandingkan buku lain, buku ini menawarkan perspektif lain, yakni mencoba menggali teori dan pandangan belajar menurut referensi pemikir Barat, tapi sekaligus Timur. Buku ini seperti mengingatkan kita, bahwa belajar adalah kemauan untuk membuka pikiran, mau menerima perkembangan modern, tapi tidak melupakan pemikiran dari dalam negeri sendiri. 
Tentu saja hal itu menjadi penting mengingat Indonesia juga memiliki banyak pemikir pendidikan, seperti Ki Hajar Dewantara, KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asyari. Bahkan, mereka tidak hanya berteori dan merumuskan teori, tetapi juga mengembangkan pendidikan yang sesuai dengan warna keindonesian. Namun, mereka tetap menerima pandangan Barat dan juga Islam yang menjadi bagian penting dalam peradaban dunia hingga kini.

Hasni, penulis  tinggal di Kendal.




Bahan Bacaan

Thobroni, Muhammad. 2016. Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Praktik. Yogyakarta: Arruz Media

Comments